Saturday 8 April 2017

11 Cara Agar Baterai Smartphone Tetap Awet Tanpa Menggunakan Aplikasi

Hasil gambar untuk 100% battery android



                 Perkembangan teknologi saat ini bisa dibilang sangat pesat, terutama untuk perkembangan ponsel pintar android, pemilik hp Android pun makin bertambah, termasuk Anda mungkin. Sistem operasi besutan Google ini hadir dalam berbagai jenis dan merk perangkat portabel seperti Samsung, HTC, Sony, dan banyak lagi.

                Salah satu kelebihan hp android adalah kita dapat mendownload banyak aplikasi yang dapat berguna bagi kegiatan kita sehari-hari, menariknya berbagai aplikasi tersebut terhubung langsung dengan internet setiap saat, sehingga kita dapat menerima email atau membaca berita yang selalu update setiap waktu.
                 Tapi bete banget kan kalau harus selalu mengisi daya baterai hp kamu. Jika terlalu sering charge hp, daya tahan baterai kamu lama-lama akan berkurang kemudian rusak. Untuk meminimalisir kerusakan baterai smartphone kamu dan agar kamu tidak harus selalu men-charge hp kamu, Kidalovers punya 11 Cara Agar Baterai Smartphone Tetap Awet Tanpa Menggunakan Aplikasi.


1. Atur Brightness di Layarmu


               
                 Cara menghemat baterai android dengan mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin sangat efekif untuk mengurangi daya baterai yang dipakai untuk menerangi layar. Kamu pasti tahu kan, untuk menghidupkan cahaya yang terang di butuhkan daya baterai yang tinggi. Untuk itu kamu bisa setting cahaya di layar kamu agar tidak terlalu terang tapi cukup nyaman dilihat mata.

2. Pakailah Wallpaper Hitam

                 
                                    Hasil gambar untuk android phone with black wallpaper

                 Jika android kamu memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakanlah wallpaper berwarna gelap. Cara menghemat baterai android dengan memakai wallpaper hitam dampaknya akan sangat baik jika di gunakan oleh android yang memiliki teknologi layar AMOLED. Karena layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja. 
                 AMOLED  (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) Sesuai namanya, layar amoled terdiri dari bahan organik yang akan menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik. Nah jika memakai wallpaper hitam, maka layar akan terlihat gelap sehingga daya baterai yang dipakai  akan lebih sedikit untuk menerangi layar yang gelap tersebut.

3. Persingkat Waktu Time-Out Layar HP kamu


                 Cara menghemat baterai android yang ke tiga adalah dengan mengatur waktu time-out android. Waktu time-out yang saya maksud adalah waktu ketika layar mati secara otomatis saat android tidak digunakan. Idealnya jika layar semakin lama menyala, semakin banyak pula daya baterai yang terkuras.
                 Maka dari itu persingkatlah waktu time-out atau standby hp kamu dengan mengaturnya ke waktu paling cepat. Misal, tadinya kamu atur waktu standby kamu lima menit, bisa kamu ubah hanya menjadi 15 detik saja.


4. Matikan Wi-Fi, Data, GPS, dan Bluetooth



                 Cara menghemat baterai android yang selanjutnya adalah dengan mematikan Wi-Fi, Data, GPS, dan Bluetooth android jika tidak digunakan.

Mengapa mereka harus dimatikan?

                 Karena jika semua menyala maka mereka akan terus-terusan mencari sinyal meskipun sebenarnya fitur tersebut tidak kita pakai.
Proses pencarian sinyal inilah yang akan menguras daya baterai android kita. Untuk itu nyalakan semuanya jika sobat butuhkan saja, agar konsumsi daya yang di pakai tidak terlalu banyak.

5. Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan



                 Banyak pengguna smartphone yang tidak menutup aplikasi yang baru saja digunakan secara benar hingga aplikasi masih banyak yang dalam keadaan terbuka walaupun tidak sedang digunakan. Hal ini tentu saja membuang daya bateraimu dengan cuma-cuma. Jika kamu menggunakan android, kamu hanya harus tap tombol multitasking dan kamu bisa swipe aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk menutupnya.


6. Kurangi Widget di Home Screen Kamu



                 Semakin banyak Widget di Home Screen kamu, semakin banyak daya baterai yang tersedot. Jadi singkirkan Widget yang tidak kamu perlukan dan biarkan Home Screen kamu menjadi simpel dan efisien untuk menghemat baterai. 
                 Tips lain untuk layar smartphone kamu adalah jangan gunakan wallpaper yang berbentuk animasi karena hal ini menyedot daya baterai dengan cepat, jadi matikan Live Wallpaper dan gunakan yang biasa atau tidak bergerak.


7. Charge Baterai Smartphone Secara Efisien

                                  Gambar terkait

                 Ada dua tipe baterai yang dipakai di ponsel, baterai lithium dan baterai nickel. Baterai yang terbuat dari nickel lebih tahan lama daripada lithium. Jika kamu menggunakan baterai nickel, ponsel kamu harus di-charge hingga kapasitas maksimum (100%) saat daya baterai kamu tinggal sedikit. Namun jika ponsel kamu memakai baterai lithium, kamu harus charge sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas aslinya.

8. Jaga Suhu Smartphone

                Atur Suhu Smartphone kamu agar tidak terlalu panas, jadi jika merasakan smartphone android kamu sudah panas yang berlebihan sebaiknya kamulangsung menhentikan kinerjanya terlebih dahulu hingga suhu smartphone kalian lebih normal.

9. Matikan Flash

                 Saat menggunakan kamera kalau bisa jangan mengaktifkan flash/lampu di ruangan yang sudah terang.
                                                   Cara menghemat baterai android agar bertahan lama



10. Gunakan Headset

                 Gunakanlah headset saat mendengarkan musik, jadi jangan menggunakan speaker smartphone, karena speaker tersebut akan memakan daya baterai yang lebih besar ketimbang memakai headset

11. Gunakanlah Airplane Mode

                 Gunakanlah mode pesawat jika kamu sedang berada di daerah yang memiliki sinyal yang buruk atau bahkan tidak ada, karena android kita nanti akan mengeluarkan daya yang sangat besar untuk mencari sinyal yang ada.



                 
                  Itulah beberapa tips menghemat baterai di Android yang Kidalovers bahas kali ini. Jika kamu punya tips lain untuk menghemat baterai, jangan segan untuk tulis di kolom komentar ya. #salamkidal

0 comments:

Post a Comment