Tuesday 11 April 2017

Augmented Reality Topeng, Cobain Yuk!


Hasil gambar untuk ARTopeng

        Sekelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan aplikasi “ARTopeng” sebagai media interaktif pengenalan topeng nusantara. Sistem kerja aplikasi “ARTopeng” sangatlah mudah. “pengguna cukup memakai ikat kepala yang ditempeli marker kemudian menghadapkan wajahnya ke komputer, dan secara otomatis wajah pengguna akan berganti menjadi salah satu jenis topeng nusantara sesuai dengan marker yang dipakai.
         Aplikasi ini mengkolaborasikan teknologi Augmented Reality sehingga dapat menggabungkan dunia nyata dan dunia maya secara realtimeHingga saat ini,  sudah ada empat jenis marker yang mana dapat memberikan gambaran jenis topeng dari daerah Yogyakarta, Cirebon, Surakarta, dan Bali.

Hasil gambar untuk ARTopeng
“Aplikasi kami terbukti mampu melahirkan jenis interaksi baru antara manusia dan komputer dalam pengenalan budaya topeng nusantara melalui teknologi Augmented Reality sehingga harapannya aplikasi ini mampu menjadi media yang efektif untuk mengenalkan topeng nusantara Indonesia,” tegas Dika, salah satu penggarapnya.

Jika kalian berminat bisa mendownload ARTopeng marker bali disini (Versi Android)

Nah, Aplikasi ini merupakan wujud peran dan tanggung jawab besar kita sebagai generasi muda untuk mempertahankan dan melestarikan keberadaan warisan-warisan luhur budaya bangsa...

0 comments:

Post a Comment